Menganut dan mempraktikkan gaya hidup minimalis diketahui memiliki banyak manfaat. Di antaranya kita bisa membantu kelestarian lingkungan hidup dengan berkurangnya sampah yang kita hasilkan juga membuat jiwa atau psikis kita lebih tenang. Memiliki terlalu banyak barang membuat pikiran sulit fokus sebab rumah atau kantor kita tampak serba semrawut.

Hidup minimalis bisa dilakukan dengan beberapa cara sederhana, di antaranya sebagai berikut:

  1. Pakaian.

Menurut statistik, kita hanya mengenakan 20% dari pakaian kita dalam 80% dari waktu yang kita habiskan. Itu berarti bahwa banyak dari kita memiliki lemari penuh pakaian yang tidak lagi kita sukai atau tidak lagi sesuai dengan kita. Pakaian-pakaian yang hanya memenuhi ruangan.

Cobalah latihan sederhana melalui lemari pakaian Anda dan menyingkirkan semua pakaian yang tidak digunakan. Hal ini akan membuat lemari pakaian Anda lebih ringan. Pagi hari Anda bisa terhindar dari stress dan lemari pakaian Anda penuh dengan baju-baju yang paling  Anda sukai.

  1. Dekorasi

Banyak hiasan di rumah kita yang tidak memiliki nilai pribadi dalam kehidupan kita. Mereka kita miliki hanya karena kebetulan cocok dengan warna karpet atau sedang dijual murah ketika kita sedang berjalan ke toko.

Sayangnya, hiasan rumah tersebut mengalihkan perhatian Anda dan tamu Anda dari dekorasi di rumah Anda yang seharusnya menampalkan kisah hidup Anda atau khusus menyoroti nilai-nilai hidup yang Anda pegang.

Luangkan waktu sejenak untuk berjalan melewati rumah Anda dengan mata yang cerdas. Sisakan dekorasi yang paling bermakna dan paling indah. Rumah Anda akan mulai membagikan kisah Anda dengan cara yang indah. Dan dekorasi lama Anda kemungkinan akan berakhir pada penjualan di obralan barang bekas Anda berikutnya.

  1. Mainan.

Terlalu sering, kita jatuh ke dalam pemikiran yang mengatakan “lebih banyak lebih baik” … dan begitu juga anak-anak kita. Kita mulai membeli dan mengumpulkan terlalu banyak mainan untuk anak-anak kita. Akibatnya, anak-anak kita tidak perlu belajar bagaimana menjadi kreatif, bisa membantu sesama, berhati-hati, atau berbagi.

Dalam hal itu, lebih sedikit koleksi mainan dapat memberi manfaat bagi anak-anak Anda dalam berbagai hal. Meskipun Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan anak-anak Anda sebelum Anda memindahkan mainan mereka yang tidak terpakai, ada kemungkinan yang cukup bagus bahwa setelah hanya beberapa minggu mainan yang lama dan tidak terpakai akan dilupakan (kecuali oleh anak-anak yang terbiasa mengambil semuanya)

  1. Peralatan Memasak.

Sepertinya tidak pernah ada ruang penyimpanan yang cukup di dapur kita. Namun sebagian besar nenek kita memasak jauh lebih sering, jauh lebih rumit, dan jauh lebih baik daripada kebanyakan dari kita saat ini. Nenek-nenek kita dulu melakukan semuanya di dapur yang jauh lebih kecil.

Yang benar adalah bahwa ketika akan memasak, dapur sederhana hampir selalu lebih baik. Kita membutuhkan peralatan memasak yang jauh lebih sedikit daripada yang kita miliki saat ini.

Sebagai hasilnya, laci, lemari, dan meja kita dapat diatur dengan lebih baik dan bermanfaat jika kita hanya memiliki lebih sedikit. Coba simpan semua peralatan Anda yang tidak perlu di tempat sampah plastik, letakkan di tempat yang tidak terlihat, dan lihat apakah Anda lebih bisa menikmati memasak di lingkungan baru atau di dapur lama yang serba berantakan.

  1. Televisi.

Menurut Nielsen, rata-rata orang menonton televisi 4 jam, 35 menit setiap hari. Dan rata-rata satu rumah sekarang memiliki lebih dari satu televisi. Kita sering benar-benar hanya duduk di sofa sementara kehidupan berlalu begitu saja. Bereksperimenlah dengan memiliki lebih sedikit televisi, juga kurangi waktu anda untuk menontonnya. Ketika Anda melakukannya, Anda akan beralih melakukan beragam hal positif bersama sebagai sebuah keluarga.

  1. Pernak-pernik di atas meja dan ruangan.

Kekacauan adalah bentuk gangguan. Ini mengacaukan perhatian kita dan mengarahkan pikiran kita – bahkan hanya sesaat. Segala sesuatu yang berada di atas meja Anda bersaing untuk mendapatkan perhatian Anda. Sayangnya, kita sudah terbiasa dengan gangguan ini sehingga kita bahkan tidak melihatnya lagi … sampai mereka disingkirkan.

Eksperimen, coba cukup dalam 7 hari, hanya dengan menjaga meja Anda benar-benar bersih. Simpan barang-barang di laci, lemari, dapur, atau kotak penyimpanan sementara. Setelah satu minggu, Anda mungkin akan mengembalikan sebagian demi kenyamanan yang selama ini hilang.

  1. Mebel atau Furnitur.

Mungkin perlu melakukan beberapa proses mengangkat benda-benda berat, tetapi jika Anda siap untuk tantangan, mengurangi kelebihan furnitur dari kamar Anda akan segera membuka ruang yang signifikan dan aliran udara di rumah Anda.

Potongan-potongan furnitur yang jarang digunakan di rumah Anda cepat dikenali dan mengambil lebih banyak ruang daripada yang Anda sadari. Oh tentu, percobaan ini membutuhkan tempat untuk menyimpan furnitur Anda selama masa percobaan, tetapi ini cara cepat dan mudah untuk menghilangkan beberapa kekacauan terbesar dari rumah Anda.

Memecahkan masalah dengan cara seperti ini membuat hidup minimalis tampak jauh lebih mudah dilakukan. Tidak ada persyaratan kecepatan seberapa cepat Anda harus mencari barang-barang Anda. Tidak ada batas waktu untuk hidup ala minimalis.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.