LIMA TANDA KAMU MENYIA-NYIAKAN HIDUPMU

0
16

Hidup kita begitu berharga dan kita hanya punya satu kesempatan. Namun demikian, banyak orang menghabiskan hidup mereka hanya menghabiskan waktu, daripada memanfaatkan waktu singkat yang mereka miliki.

Kaum muda sering terjebak dalam kesalahan ini. Ibarat jika ada waktu untuk menanam pohon, sekaranglah saatnya. Namun kebanyakan dari kita tidak melakukan itu. Pemuda menghabiskan waktu mereka berpesta, makan junk food, nongkrong dan memilih mengambil liburan daripada membaca, membangun perangkat keterampilan baru, membangun kebiasaan sehat, dan berinvestasi guna diri mereka sendiri.

Apakah Anda selama ini hanya menghabiskan waktu alih-alih memaksimalkan hidup Anda? Berikut ini beberapa cara untuk mengetahuinya.

Anda tidak bergegas bangun dari tempat tidur setelah bangun 

Jika Anda menghabiskan setengah jam hingga satu jam ‘berselancar’ di smartphone Anda setelah bangun tidur, Anda telah membuang banyak waktu.

Orang-orang yang memiliki tujuan jelas dalam hidup, tidak menghabiskan waktu bersantai dengan telepon mereka di tempat tidur. Bangun tidur sebenarnya biasa saja, namun itu merupakan momen awal dari hari yang panjang.

Bagi seseorang yang memiliki tujuan tertentu, bangun setiap pagi adalah permulaan yang menyegarkan untuk bekerja keras dan melakukan berbagai aktifitas bermakna.

Anda menghabiskan lebih dari satu atau dua jam sehari untuk kegiatan tanpa tujuan

Beberapa kegiatan pada dasarnya dapat disebut tanpa tujuan, dilakukan hanya karena terasa menyenangkan pada saat itu. Beberapa kegiatan seperti ini misalnya:

Menghabiskan waktu di media sosial

Menonton TV atau film terlalu lama

Dalam dosis kecil, tidak lebih dari satu atau dua jam sehari, kegiatan semacam ini dapat menjadi bagian penting dari upaya menghilangkan stres kerja. Akan tetapi, lebih dari itu, jika Anda melampauinya maka menjadi ‘menyia-nyiakan hidup Anda.’

Orang yang memiliki tujuan jelas, tidak akan menghabiskan waktu terlalu lama melakukan hal-hal seperti ini karena mereka sadar bahwa setiap jam yang habis oleh kegiatan tanpa tujuan, maka satu jam tersebut tidak akan pernah kembali.

Membuang waktu sebanyak itu membuat kita menjadi sakit. Orang dengan tujuan hidup jelas, tidak akan membuang waktu mereka dengan cara ini bahkan jika mereka bisa.

Photo by Fernando @dearferdo on Unsplash

Anda tidak merasa siap untuk segera tidur saat malam

Orang yang hari-harinya dipenuhi dengan kegiatan dengan tujuan yang jelas, akan merasa lelah pada akhir hari. Baik itu pekerjaan mental atau pekerjaan fisik, kegiatan yang produktif tentu menghabiskan seluruh energi Anda dan membuat Anda siap untuk tidur teratur setiap hari. Tidak sampai larut malam.

Ketika Anda tidak memanfaatkan hidup Anda sebaik-baiknya, di sisi lain, Anda tidak lelah di penghujung hari. Anda, secara harfiah, tidak memanfaatkan energi Anda sebaik-baiknya.

Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk merencanakan daripada melakukan

Orang yang menciptakan karya atau usaha produktif, tidak akan duduk-duduk melamun tentang bagaimana masa depan. Seorang kreator dan pekerja keras mampu memilih tujuan untuk masa depan dan kemudian bekerja keras untuk mewujudkan tujuan itu. Seseorang yang menghabiskan sepanjang waktu melamun bukanlah seseorang yang menghabiskan seluruh waktunya untuk melakukan tindakan.

Ambil contoh dari atlit angkat besi profesional. Mereka menghabiskan sedikit waktu mereka meneliti bagaimana cara lebih efektif mengangkat beban, dan menggunakan lebih banyak waktu mereka mengangkat beban.

Anda khawatir apa yang orang lain pikirkan tentang Anda

Orang-orang yang berprestasi tinggi terlalu sibuk menyelesaikan sesuatu sehingga tidak sempat mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan tentang mereka. Orang yang berprestasi mungkin khawatir tentang apa yang orang pikirkan tentang mereka, tetapi mereka tidak khawatir tentang apa yang dipikirkan teman, keluarga, atau budaya hits di sekitar mereka. Mereka terlalu sibuk menyelesaikan pekerjaan dan target mereka.

Jika Anda terus-menerus khawatir tentang apa yang dipikirkan teman, keluarga, teman sebaya, atau budaya hits di sekitar Anda, Anda mungkin membiarkan hidup Anda berlalu begitu saja. Alih-alih melakukan apa yang dipikirkan orang lain, temukan tujuan yang membimbing Anda bisa jujur pada diri sendiri, ​​bahkan ketika dunia berbalik melawan Anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.