MENGHIASI RAMADHAN

0
38

Oleh: Drs. Mustofa Alchamdani, MSI

Saudaraku dan anak-anakku, dengan ketulusan serta keikhlasan hati kita patut ucapkan alhamdulillahi rabbil aalamin, karena kita bisa menemui bulan ramadhan, diberi kemampuan melaksanakan puasa dan ibadah lainnya. Ini merupakan nikmat dan kasih sayang Allah SWT yang sangat besar pada kita.

Karena ramadhan mengantarkan kita menuju insan yang bertaqwa. Sebagai seorang muslim-muslimat pasti mendambakan kemuliaan disisi Allah SWT, ketenangan dan ketentraman dalam menapaki kehidupan ini, menjadi orang yang sholeh atau sholehah dan sadar betapa besarnya jasa orang tua kita, bisa menikmati kebahagiaan sejati, memiliki kompetensi dalam menjalankan kesalehan ritual dan sosial.

Maka dari itu, hiasi diri dengan perisai kehidupan terutama di bulan ramadhan:

  1. LAKSANAKAN SHOLAT TAHAJUD.
  2. BACALAH ALQUR’AN SECARA ISTIQOMAH SETIAP HARI.
  3. BERBAKTILAH PADA KEDUA ORANG TUA.
  4. LAKSANAKAN ZAKAT DAN PERBANYAK INFAQ DAN SHODAQOH.
  5.  HIASI HATI, FIKIRAN DAN LISAN INI DENGAN DZIKRULLOH.                            

Wahai Saudaraku dan anak-anakku, kemuliaan yang hakiki tidak ditentukan oleh banyaknya harta yang kita miliki meskipun kita sayang sekali pada harta kita karena hasil jerih payah usaha dengan mengerahkan tenaga, fikiran dan seluruh kemampuan kita.

Karena kita sadar bahwa kekayaan dan harta benda  tidak langgeng hanya bisa dinikmati di dunia saja, padahal hidup yang sesungguhnya abadi di akhirat nanti, juga bukan karena jabatan yang kita miliki saat ini sebagai hasil prestasi kerja kita, karena kita sadar jabatan hanya sementara saja.

Bukan juga karena ketampanan dan kecantikan kita karena ini tidak akan langgeng dan akan musnah dikala kita sudah tua, atau mengandalkan keturunan dan nasab kita.

Maka ingatlah Allah SWT memerintahkan pada kita untuk bangun di sebagian malam melaksanakan sholat tahajjud sebagai media komunikasi langsung dengan Allah SWT

mengagungkan asma-Nya,

menangis dan mohon ampun atas segala khilaf dan dosa yang kita lakukan,

meminta dikokohkan  iman dan taqwa,

Terakhir, mantapkan dalam hati kita bahwa dengan shalat tahajjud, maka Allah SWT akan  menempatkan kita di maqam kemuliaan yang sesungguhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.