Selama 20 tahun terakhir, manusia terus mencapai tingkat kemakmuran yang baru.

Dekade lalu sudah berakhir. Kini tahun 2020 telah berjalan beberapa bulan, saat ini adalah waktu yang tepat untuk menengok ulang kemajuan teknologi terbesar yang telah dibuat oleh manusia sejak awal milenium baru.

Artikel ini mengeksplorasi, tanpa urutan hirarkis, 15 kemajuan teknologi paling signifikan yang telah dibuat manusia dalam 20 tahun terakhir.

Smartphone

Ponsel telah ada sebelum abad ke-21. Namun, dalam 20 tahun terakhir, kemampuan mereka telah meningkat pesat. Pada Juni 2007, Apple merilis iPhone, smartphone layar sentuh pertama dengan daya tarik pasar massal.

Banyak perusahaan lain mengambil inspirasi dari iPhone. Sebagai akibatnya, smartphone telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari bagi miliaran orang di seluruh dunia. Hari ini, kita bisa mengambil gambar, melakukan navigasi tanpa peta, memesan makanan, bermain game, mengirim pesan kepada teman, mendengarkan musik, dll. Semuanya ada di smartphone kita.

Flash Drive

Pertama kali dijual oleh IBM pada tahun 2000, USB flash drive memungkinkan Anda untuk dengan mudah menyimpan file, foto, atau video dengan kapasitas penyimpanan yang sangat besar sehingga tidak dapat diperkirakan dalam beberapa dekade yang lalu.

Saat ini, flash drive 128GB, tersedia dengan harga kurang dari Rp.300.000,- di Amazon, memiliki lebih dari 80.000 kali dari kapasitas penyimpanan floppy disk 1,44MB, yang merupakan jenis disk penyimpanan paling populer pada 1990-an.

Skype

Diluncurkan pada Agustus 2003, Skype mengubah cara orang berkomunikasi lintas batas. Sebelum Skype, menelepon teman atau keluarga di luar negeri menghabiskan banyak uang. Saat ini, berbicara kepada orang-orang di belahan dunia lain, atau bahkan melakukan panggilan video dengan mereka, bisa dengan praktis dan gratis.

Google

Mesin pencari Google sebenarnya muncul perdana pada akhir 1990-an, tetapi perusahaan itu go public pada tahun 2004, yang kemudian mencapai pertumbuhan yang luar biasa. Google merevolusi cara orang mencari informasi secara online.

Setiap jam ada lebih dari 228 juta pencarian Google. Saat ini Google adalah bagian dari Alphabet Inc., sebuah perusahaan yang menawarkan puluhan layanan seperti terjemahan, Gmail, Documents, browser web Chrome, dan banyak lagi.

Google Maps

Pada bulan Februari 2005, Google meluncurkan layanan pemetaannya, yang mengubah cara banyak orang bepergian. Dengan aplikasi yang tersedia di hampir semua ponsel cerdas, Google Maps membuat orang tidak mudah tersesat.

Masih sangat teringat bahwa sekitar dua dekade yang lalu, sebagian besar perjalanan melibatkan perencanaan rute yang luas, dengan peta kertas yang hampir selalu dibawa ketika berkelana ke tempat-tempat yang tidak dikenal.

Proyek Genom Manusia (Human Genome Project)

Pada bulan April 2003, para ilmuwan berhasil mengurutkan seluruh genom manusia. Melalui pengurutan sekitar 23.000 gen kita, proyek ini mampu menjelaskan banyak bidang ilmiah yang berbeda, termasuk pengobatan penyakit, migrasi manusia, evolusi, dan kedokteran molekuler.

YouTube

Pada Mei 2005, video pertama diunggah ke situs web berbagi video paling populer di dunia saat ini. Dari kuliah di Universitas Harvard tentang mekanika kuantum dan episode-episode T.V. favorit hingga tutorial tips-trik dan video-video lucu tentang kucing. Saat ini miliaran konten dapat disiarkan di YouTube secara gratis.

Facebook

Pertama kali dikembangkan pada tahun 2004, Facebook bukanlah situs media sosial pertama. Karena kesederhanaannya untuk digunakan, Facebook dengan cepat mengambil alih situs jejaring sosial yang ada seperti Friendster dan Myspace.

Dengan 2,41 miliar pengguna aktif per bulan (hampir sepertiga dari populasi dunia), Facebook telah mengubah cara miliaran orang berbagi berita dan pengalaman pribadi satu sama lain.

Curiosity, Penjelajah Mars (Mars Rover)

Pertama kali diluncurkan pada November 2011, Curiosity mencari tanda-tanda kelayakhunian di Mars. Pada tahun 2014, ia menemukan salah satu penemuan ruang angkasa terbesar milenium ini ketika menemukan air di bawah permukaan planet mars yang merah. Pekerjaan Curiosity dapat membantu manusia menjadi spesies antarplanet dalam waktu beberapa decade ke depan.

Mobil Listrik

Walaupun mobil listrik bukan merupakan penemuan abad ke-21, baru pada tahun 2000-an kendaraan ini dibuat dalam skala besar. Mobil listrik yang tersedia secara komersial, seperti Tesla Roadster atau Nissan Leaf, dapat dicolokkan ke soket listrik apa pun untuk diisi daya.

Mereka tidak membutuhkan bahan bakar fosil untuk beroperasi. Meskipun masih dianggap mode/gaya hidup oleh sebagian orang, mobil listrik menjadi semakin populer, dengan lebih dari 1,5 juta unit terjual pada 2018.

Mobil Tanpa Supir

Pada Agustus 2012, Google mengumumkan bahwa kendaraan otomatisnya telah menyelesaikan lebih dari 300.000 mil mengemudi, dan bebas kecelakaan. Meskipun mobil self-driving Google adalah yang paling populer saat ini, hampir semua produsen mobil telah membuat atau berencana untuk mengembangkan mobil otomatis.

Saat ini, mobil-mobil ini sedang dalam tahap pengujian, tetapi asalkan teknologi tidak terhalang oleh peraturan yang terlalu ketat, mobil otomatis kemungkinan akan tersedia secara komersial dalam beberapa tahun mendatang.

Pencetakan 3D

Meskipun printer 3D seperti yang kita kenal sekarang dimulai pada 1980-an, pengembangan metode pembuatan yang lebih murah dan perangkat lunak sumber terbuka berkontribusi pada revolusi pencetakan 3D selama dua dekade terakhir.

Saat ini, printer 3D digunakan untuk mencetak suku cadang, seluruh komponen rumah, obat-obatan, anggota tubuh bionik, dan bahkan organ manusia.

Penelitian Sel Punca (Stem Cell Research)

Sebelumnya hanya ada di cerita fiksi ilmiah, sel punca (yaitu, sel dasar yang dapat menjadi hampir semua jenis sel dalam tubuh) kini telah digunakan untuk tumbuh, antara lain, ginjal, paru-paru, otak, dan jaringan jantung.

Teknologi ini kemungkinan akan menyelamatkan jutaan nyawa dalam beberapa dekade mendatang karena itu berarti bahwa pasien tidak lagi harus menunggu organ donor atau minum obat-obatan keras untuk mengobati penyakit mereka.

Roket Multi Guna

Pada bulan November dan Desember 2015, dua perusahaan swasta terpisah, Blue Origin dan SpaceX, berhasil mendaratkan roket yang dapat digunakan kembali. Perkembangan ini sangat mengurangi biaya untuk sampai ke ruang angkasa dan membawa perjalanan ruang angkasa komersial selangkah lebih dekat dengan kenyataan.

Pengeditan Gen

Pada 2012, para peneliti dari Universitas Harvard, Universitas California di Berkeley, dan Broad Institute masing-masing secara independen menemukan bahwa sistem kekebalan bakteri yang dikenal sebagai CRISPR dapat digunakan sebagai alat pengeditan gen untuk mengubah DNA suatu organisme.

Dengan memotong bagian-bagian DNA yang berbahaya, teknologi pengeditan gen kemungkinan akan mengubah masa depan kedokteran dan pada akhirnya dapat memberantas beberapa penyakit yang selama ini belum ditemukan penanganannya.

 


Sumber: https://fee.org/articles/the-20-biggest-advances-in-tech-over-the-last-20-years/

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.