Di zaman revolusi industri 4.0, gencar-gencarnya para developer dalam membuat dan memajukan media sosial. Tidak salah banyak kelompok yang menjadikan fenomena ini sebagai “perang sosmed”. Di samping karena untuk kepentingan komersial juga manfaatnya yang tak kalah penting.

Apalagi di millenium be-revolusikan 4.0 ini, yang komponen utamanya IoT (Internet of Thing) tentu masyarakat dunia sebagian besar (setidaknya) mulai menggunakan teknologi. Salah satu alasannya, karenanya dengan segala sesuatu mudah didapatkan hanya bermodalkan dawai dan kuota, juga tidak ribet, tinggal pilih dan klik, selesai.

Sehingga tidak sedikit dari mereka juga mengekspos segala macam kegiatan dan aktifitasnya ke berbagai jejaring sosial media. Dengan alasan agar dilihat publik atau yang lainnya, terkadang juga menimbulkan kesan yang pelik.

Media sosial (sering disalahtuliskan sebagai sosial media) adalah sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi blogjejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial, dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia (Wikipedia).

Dari definisi tersebut, bisa diasumsikan bahwa media sosial adalah sesuatu (aplikasi, red) yang dapat digunakan oleh manusia untuk menyampaikan dan mengekspresikan suasana, kesan dan perasaan. Juga sebagai wadah untuk membuat dan menampung orang-orang sepemikiran dalam sebuah komunitas. Juga sebagai wadah nyinyiran, makian dan sindiran kepada sesama pengguna (dalam dimensi virtual). Tidak kalah penting, media sosial juga bisa digunakan untuk keperluan komersial, serta hal-hal yang berbau krusial agar lebih mondial.

Sampai dewasa ini ada banyak media sosial –dengan berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing– saling berlomba-lomba di dalam memburu dan mendapatkan pengguna. Lebih dari itu, pihak developer juga selalu meningkatkan dan meng-upgrade fiturnya untuk lebih kompatibel dan adaptif dengan tuntutan kebutuhan publik. Juga tentunya didasarkan sesuai arus perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

Salah satu sosial media yang sangat populer di Indonesia adalah Facebook. Jejaring sosial satu ini dibuat oleh Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, dan teman lainnya. Didirikan pada tanggal 4 Februari 2004. Markas Facebook berada di Menio-Park, California, Amerika Serikat. Awalnya hanya beroperasi di Amerika Serikat sejak tahun 2004 hingga 2005, kemudian mulai digunakan oleh negara lainya yang ada didunia mulai tahun 2005 hingga sekarang ini, namun ada beberapa negara tertentu yang tidak menggunakan media sosial ini.

Facebook sebenarnya hanya diperuntukkan untuk orang yang memiliki usia diatas 13 tahun, namun beberapa penelitian menyebutkan bahwa pengguna facebook mencapai 2, 5 juta dibawah umur menggunakan Facebook.

Pada tahun 2009 jejaring facebook merupakan jejaring yang paling banyak diminati, berdasarkan dengan pengguna aktif yang ada didunia ini. Namun beberapa tahun belakangan ini di sejumlah negara penggunaan dari Facebook mulai menurun. Hanya saja di wilayah Indonesia masyarakat Sosial media Facebook menjadi semakin populer, baik tua, muda,dan anak-anak memiliki akun Facebook.

Dengan adanya fakta tersebut maka bisa disimpulkan bahwa banyaknya warga Indonesia yang menggunakan facebook adalah karena facebook merupakan sosial media terbaru yang muncul awal-awal teknologi modern berkembang, orang yang sudah punya facebook biasanya malas untuk mencari sosial media lainnya yang asyik.

Mereka sudah mendapatkan kenyamanan menggunakan Facebook. Jika mereka akan menggunakan media sosial lainnya maka ditakutkan kembali belajar lagi menggunakan sosial media lainnya. Orang yang sudah nyaman dengan facebook pastinya mengajak teman lainnya untuk menggunakan facebook, sehingga semakin banyak lagi orang yang menggunakan facebook

Berbagai fitur yang ditawarkan oleh facebook ternyata lebih friendly, bukaannya bermaksud mendeskreditkan media sosial yang lain, tetapi pengalaman penulis sendiri dalam menggunakan facebook. Berikut ini alasan-alasan logis kenapa dan mengapa jejaring sosial Facebook masih didemeni publik :

Beragam Fitur dan Fasilitas

Facebook dari dulu sampai sekarang selalu berubah-ubah dalam hal tampilan, juga fitur yang diberikan. Sehingga tidak heran kalau Facebookers tidak gampang bosan karena tampilan dan fasilitasnya yang kian menarik perhatian

Komponen Dashboard yang Variatif

Jika kita lihat dashboard facebook, kita akan menjumpai berbagai macam jenis fitur tambahan yang ditampilkan, seperti grup, kenangan, tersimpan, aktivitas iklan terkini, penggalangan dana dsb. Facebook juga memiliki layanan marketplace, yang dengan mudahnya facebookers bisa membeli ini itu dengan praktis tanpa harus pergi ke pembeli atau toko. Tidak kalah menarik, facebook juga memberikan pelayanan pusat informasi CCovid-19.

Banyak Game Seru

Mungkin ini yang menjadikan facebook kelihatan berbeda dari yang lainnya. Banyak game yang dapat kita mainkan didalam aplikasi facebook, sehingga tidak salah kalo facebook digandrungi anak-anak. Di samping game facebook tidak kalah seru dengan game online maupun offline lainnya.

Terdapat Pengingat Ulang Tahun dan Pertemanan

Dengan pengingat ulang tahun dan perteman, anda bisa mengetahui kapan ulang tahun teman dan kapan anda terhubung (berteman facebook) dengannya. Terkesan menjadikan facebook lebih menyapa penggunanya, juga bisa digunakan untuk mengetahui usia pertemanan.

Gampang dan Mudah Dipahami

Pengaplikasian facebook lebih mudah dipahami dan gampang daripada media sosial lain. Hanya dengan menggunakan facebook, maka mereka sudah bisa dengan mudah berkomunikasi dengan banyak orang didunia ini. Tentunya perihal mudah ini untuk semua kalangan usia, sehingga tidak sedikit dari orang dewasa bahkan tua masih menggunakan facebook sebagai media sosial.

Dan masih banyak lagi alasan lainnya kenapa banyak orang Indonesia yang lebih memilih akun facebook dibanding dengan sosial media lainnya. Akun facebook juga bekerja sama dengan media sosial lainnya, sehingga anda bisa menggunakan akun media lainnya dan bisa sekaligus menshare secara otomatis di facebook. Untuk membuat akun facebook juga sangat mudah sekali, anda bisa membuka dengan menggunakan google dan bisa juga menggunakan aplikasi Facebook.

Terlepas dari kebutuhan dan keinginan publik dalam menggunakan media sosial. Terserah publik mau menggunakan media sosial yang mana, karena tidak hanya facebook yang banyak fitur keunggulannya. Seperti Instagram, Twitter, LinkedIn, dll.

Hingga tak heran banyak sekali  penyalahgunaan media sosial karena pribadinya yang terlalu asyik menikmati dan tenggelam dalam keseruan medsos. Semua kembali kepada pribadi sendiri, mau dikemanakan itu medsos ? Kita kendalikan atau kita yang terkendalikan ?

Leave a Reply