Penulis: Dr. Sigit Setyawadi

Pikiran bawah sadar kita sangat bijak dan mengelahui jawaban setiap pertanyaan. Pikiran bawah sadar tidak pernah membantah. Tidak pernah ada jawaban: ”Jangan menanamkan kesan itu.” Misialnya, kalau kita berkata; “Saya tak dapat melakukan ini,” “Saya terlalu tua untuk itu,” “Saya tidak mungkin memenuhi tugas ini,” “Saya lahir di Iingkungan yang salah,” “Saya tidak kenal politikus yang tepat,” kita sedang menanamkan buah pikiran negatif dalam pikiran bawah sadar kita, dan tanggapannya pun tidak akan berbeda. Kita sebenarnya sedang menghambat masuknya haI-hal baik, dan dengan demikian hasilnya adalah kekurangan, keterbatasan, dan frustrasi dalam hidup.

Bila kita mendirikan penghalang, hambatan, dan penangguhan dalam pikiran sadar kita, kita mengabaikan kebijaksanaan dan pengetahuan yang sudah ada di dalam pikiran bawah sadar kita. Kita sebenarnya berkata bahwa pikiran bawah sadar kita tidak dapat memecahkan masalah kita. Timbullah penyumbayan mental dan emosional, yang disusul penyakit dan kecenderungan neurotik.

Untuk merealisasi keinginan kita dengan mengatasi frustrasi, katakan dengan tegas beberapa kali sehari: “Pengetahuan tak terbatas yang memberikan keinginan ini kepadaku menuntun, memimpin, dan mengungkapkan rencana sempuma untuk mengetahui keinginan kita. Saya tahu bahwa kebijaksanaan Iebih dalam dari pikiran bawah sadar kita sekarang sedang meniawab, dan apa yang saya rasa dan saya akui di dalam akan diwujudkan di luar, Ada keseimbangan, ada ketenangan hati,“

Kalau Anda berkata, “Tidak ada jalan keluar; saya sudah tak tertolong; tidak ada jalan keluar dari dilema ini; saya terhambat” Anda tidak akan mendapat jawaban atau tanggapan dari pikiran bawah sadar. Kalau Anda ingin agar pikiran bawah sadar Anda membantu Anda, berikan permintaan yang benar, dan bantuan itu akan Anda peroleh.

Pikiran bawah sadar selalu bekerja untuk Anda. Denyut jantung Anda saat ini dan juga pernapasan Anda dikendahkannya. Pikiran bawah sadar menyembuhkan Iuka irisan di tangan Anda, dan kecenderungannya adalah ke kehidupan, dan karena itu selalu berusaha menjaga Anda dan mempertahankan kelangsungan hldup Anda. Alam bawah sadar Anda mempunyai pikirannya sendiri, tetapi tetap menerima pola pola pikir dan gambaran Anda,

Bila Anda mencari jawaban suatu masalah, pikiran bawah Sadar Anda akan tanggap, tetapi Anda diharapkannya untuk membuat keputusan dan suatu pemikiran yang baik dalam pikiran sadar Anda.

Tenangkanlah putaran roda-roda pikiran Anda, kendurkan diri, biarkan semua terjadi, dan dengan tenang akuilah: “Pikiran bawah sadarku tahu apa jawabannya. Kini jawaban sedang diberikan. Aku mengucap syukur karena aku tahu pengetahuan pikiran bawah sadarku yang tak ada batasnya mengetahui segala sesuatu dan mengungkapkan jawaban sempuma kepadaku sekarang. Keyakinan ku sekarang membebaskan kehebatan dan kebesaran pikiran bawah sadarku. Aku senang bahwa demikianlah halnya.“

*Tinjauan hal-hal penting…*

1. Pikirkan hal-hal yang baik, dan hal-hal baik akan datang. Pikirkan yang jahat, dan hal-hal jahat akan terjadi. Kita adalah apa yang kita pikirkan saharian.

2. Pikiran bawah sadar tidak membantah. Diterimanya apa saja yang ditetapkan oleh pikiran sadar. Kalau Anda berkata, “Saya tak mampu membelinya,” mungkin ia benar, tetapi jangan katakan, Pilihlah buah pikiran yang lebih baik: ”Saya akan membelinya. Saya menerimanya dalam pikiran,”

3. Anda mempunyai kuasa untuk memilih. Pilihlah kesehatan dan kebahagiaan. Anda dapat memilih untuk ramah, atau Anda dapat memilih sebaliknya. Pilihlah sikap suka membantu, cerah, ramah, baik hati, dan seluruh dunia akan tanggap. Inilah cara terbaik untuk mengembangkan kepribadian yang menyenangkan.

4. Pikiran sadar Anda adalah “peniaga di pintu gerbang.” Fungsi pokoknya ialah melindungi pikiran bawah sadar dari kesan yang keliru. Pilihlah untuk percaya bahwa sesuatu yang baik dapat terjadi dan kini sedang terjadi. Kekuatan terbesar Anda adalah kapasitas untuk memilih. Pilihlah kebahagiaan dan keberlimpahan.

5. Sugesti dan pernyataan dan orang lain tidak mempunyai kekuatan untuk mencelakakan kita. Kekuatan satu-satunya adalah gerak pikiran kita sendiri. Kita dapat memilih untuk menolak pikiran dan pernyataan dari orang lain itu dan menegaskan hal-hal yang baik, Kita mempunyai kekuatan untuk memilih bagaimana kita akan bereaksi.

6. Berhati-hatilah dengan apa yang Anda katakan. Anda harus mempertanggungjawabkan setiap kata. Jangan pernah berkata. “Saya akan gagal; saya akan kehilangan pekerjaan saya; saya tak dapat membayar kontrak.” Pikiran bawah sadar tidak bisa menerima lelucon, Semua diterimanya sebagai yang sebenarnya.

7. Pikiran kita tidaklah jahat. Tidak ada kekuatan alam yang jahat. Semua tergantung pada bagaimana kita menggunakan kekuatan alam itu. Gunakan pikiran untuk memberkahi, menyembuhkan, dan memberi semangat hidup kepada semua orang di mana saja.

8. Jangan pernah berkata, “Saya tak bisa.” Atasi rasa takut dengan mengatakan hal berikut: “Saya dapat melakukan segala sesuatu dengan kekuatan pikiran bawah sadarku sendiri.”

9. Mulailah berpikir dari sudut pandang kenyataan dan prinsip-prinsip kehidupan yang abadi dan tidak dari sudut pandang ketakutan, kebodohan, dan takhayul. Jangan biarkan orang lain berpikir untuk Anda. Pilihlah bahan pikiran Anda sendiri dan buatlah keputusan Anda sendiri.

10. Anda adalah nakhoda jiwa Anda (pikiran bawah sadar Anda) dan penguasa nasib Anda. Ingat, Anda memiliki kapasitas untuk memilih. Pilihlah kehidupan! Pilihlah cinta! Pilihlah kesehatan! Pilihlah kebahagiaan!

11. Apa pun yang benar menurut anggapan dan keyakinan pikiran sadar Anda, pikiran bawah sadar akan menerimanya dan mewujudkannya. Percayalah akan nasib baik, akan bimbingan Tuhan, akan tindakan benar, dan akan semua karunia dalam kehidupan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.