Saat ini, begitu banyak orang mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein cukup besar untuk menemani mereka menyelesaikan beragam tugas. Misalnya untuk tetap begadang hingga larut malam menyelesaikan deadline pekerjaan. Ada kepercayaan umum bahwa teh lebih disukai daripada kopi; Namun, keduanya memiliki manfaat dan konsekuensi negatif bagi kesehatan.

Hal ini lalu menimbulkan pertanyaan: “minuman berkafein apa yang lebih baik untuk Anda?

Jika Anda terus-menerus merasakan efek samping negatif dari terlalu banyak teh atau kopi, mungkin inilah saatnya untuk beralih. Berikut analisa dari Kelsey Saraccino dari Boston University yang dituliskan dalam situs spoonuniversity.com, yang bisa anda jadikan pertimbangan untuk memilih mengkonsumsi kopi atau teh.

KOPI

Dibandingkan dengan teh, kopi memang mengandung lebih banyak kafein, kopi jadi pilihan yang baik jika Anda hanya mencari dorongan instan untuk  memperoleh energi supaya ‘terjaga’ atau tidak mudah ngantuk.

Penelitian telah menunjukkan bahwa secangkir kopi seduh mengandung sekitar 90-150 miligram kafein, berbeda dengan teh yang hanya mengandung 25-70 miligram per cangkir.

Dalam beberapa tegukan pertama kopi, Anda akan segera merasakan peningkatan energi Anda, karena penyerapan kafein yang cepat oleh tubuh. Meskipun demikian, ‘peningkatan energi’ ini juga membuat tubuh terdorong untuk seketika lebih banyak mengonsumsi kafein dan dampaknya membuat energi anda cepat menurun sesudahnya.

Sisi baiknya adalah, semua cangkir kopi ‘tambahan’ itu mungkin bisa membantu Anda di kemudian hari atau dalam jangka panjang. Manfaat kopi yang kurang diketahui adalah bahwa kopi dikaitkan dengan peningkatan retensi memori dan penurunan risiko terkena penyakit Alzheimer.

Sebaliknya, terlalu banyak mengkonsumsi kopi juga dapat menyebabkan beberapa masalah pencernaan dan membuat Anda mual atau kembung di pagi hari. Ini juga dapat membuat Anda dehidrasi, membuat Anda merasakan efek samping negatif.

TEH

Selain memberikan dorongan energi, teh juga dapat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan pencernaan Anda.

Teh hitam dikenal memiliki kafein paling banyak per cangkir, meskipun masih lebih sedikit apabila dibandingkan jumlah kafein yang dikandung kopi dalam jumlah yang sama. Teh hijau sangat baik untuk meningkatkan metabolisme Anda, sementara juga bisa mengurangi stres (menjadikannya minuman yang sempurna untuk disantap selama ada tekanan kerja misalnya).

Hal hebat lainnya tentang teh adalah ada beberapa varietas, masing-masing dengan fasilitas berbeda. Misalnya, teh peppermint  terbukti mengurangi nyeri perut, sementara teh putih dapat memperkuat tulang Anda dan melindungi dari tanda-tanda awal osteoporosis.

Semua teh alami adalah sumber antioksidan yang hebat, yang membantu membersihkan tubuh Anda dari zat-zat berbahaya yang mungkin menumpuk.

Namun, teh yang telah diproses tidak memberikan manfaat seperti disebut di atas. Kiat yang membantu untuk memastikan Anda mendapatkan teh yang paling sehat adalah memastikan the-nya adalah alami dan organik. Yang terbaik adalah the yang murni — khususnya teh hitam, hijau, putih, atau oolong.

JADI, MANA YANG TERBAIK?

Dengan semua yang dikatakan, dapat dilihat bahwa kedua minuman memiliki efek positif dan negatif. Ada satu aspek, bagaimanapun, itu adalah kelemahan tertentu yang orang harus berhati-hati.

Salah satu kelemahan terbesar dari kopi dan teh adalah rasanya yang pahit atau hambar, sehinngga sering membuat anda menambahkan terlalu banyak gula dan susu ke dalam minuman mereka.

Penambahan gula dan susu ini menghalangi manfaat kesehatan dari minuman walaupun membuatnya lebih mudah untuk dinikmati.

Kedua minuman yaitu the dan kopi juga menciptakan peluang untuk mengonsumsi terlalu banyak kafein, yang dapat menyebabkan sakit kepala, sakit perut, mual, dan efek samping lain yang tidak menguntungkan.

Dengan fakta-fakta baru ini, pastikan Anda meraih minuman terbaik untuk kesehatan Anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.